Cara Menolong Orang Yang Dzolim Dan Didzolimi


Cara Menolong Orang yang Dzolim dan Didzolimi

Kalau yang ditolong yakni orang yang terdzolimi, itu yakni hal yang pasti. Namun, bagaimana cara kita menolong orang yang berbuat dzolim supaya terbebas dari kedzolimannya? Maka jawabannya yakni di cerita menarik berikut yang terdapat dalam Kitab Shohih Muslim.

Pada waktu itu ada dua orang cowok -yang satu dari golongan Muhajirin dan yang lain dari kaum Anshor- saling berbaku-hantam. Seorang dari kaum Muhajirin berteriak: “Wahai kaum Muhajirin!” Dan seorang dari Anshor juga berteriak: “Wahai orang-orang Anshor!”

Kemudian keluarlah Rosululloh   dan berkata: 
“Ada apa ini? Kenapa harus berteriak dengan undangan jahiliyah?” (nama Muhajirin dan Anshor yakni nama syar’i. Akan tetapi, dikala digunakan untuk ta’asub maka hal tersebut termasuk syiar jahiliyah) Mereka menjawab: “Tidak ada apa-apa wahai Rosululloh! Kecuali ada dua cowok yang tubruk sehingga seorang dari keduanya memukul tengkuk yang lain.”

Rosululloh   bersabda:
“Kalau demikian, tidak apa-apa! Tapi hendaklah seseorang itu menolong saudaranya yang lain baik yang dzolim maupun yang didzolimi. Kalau ia berbuat kedzoliman hendaklah dicegah sebab begitulah cara memperlihatkan pemberian kepadanya, dan apabila didzolimi maka hendaklah ia membelanya.” (HR. Muslim)

Dari hadits ini, sanggup diambil faedah bahwa menolong orang yang dzolim yakni dengan cara mencegah kedzolimannya supaya orang tersebut tidak senantiasa berada di kubangan lumpur dosa. Makara amat sangat keliru jikalau yang harus ditolong hanya orang yang terdzolimi saja.

Rosululloh   bersabda:
“Tolonglah saudaramu dalam keadaan ia mendzolimi atau didzolimi. Maka seorang lelaki berkata: ‘Wahai Rosululloh, saya menolongnya jikalau ia didzolimi, bagaimana pendapatmu jikalau ia yang mendzolimi, bagaimana saya menolongnya?’ Beliau   menjawab: ‘Engkau halangi ia atau engkau mencegahnya dari berbuat dzolim, maka tolong-menolong hal itu merupakan pemberian terhadapnya’.” (HR. al-Bukhori)

HALAMAN SELANJUTNYA : WASPADALAH TERHADAP DO'A ORANG YANG TERDZOLIMI , KARNA DOA MEREKA PASTI DIIJABAH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Ancaman Khamr/Miras Bagi Kesehatan Yang Sering Diseplekan

Makna Dzalim Serta Dalil Dan Cara Memberantasnya